Model Bisnis E - Commerce Didunia
Skip to content
BIRO ADMINISTRASI TATA LAKSANA RUMAH TANGGA DAN INFORMASI
facebook
twitter
youtube
instagram
Biro Administrasi Tata Laksana Rumah Tangga dan Informasi Universitas Medan Area – Biro Administrasi Tata Laksana Rumah Tangga dan Informasi
Call Support 082163025888
Email Support batri@uma.ac.id
Location Jalan Kolam No. 1 Medan
  • BERANDA
  • TENTANG
    • Profil
    • Visi dan Misi
    • Fungsi & Tujuan
    • Struktur Organisasi
    • Pimpinan & Staff
    • Program Kerja
  • BERITA KEGIATAN
  • KERJASAMA
  • SARANA
    • PRASARANA
      • Laboratorium
      • Kebun Percobaan
      • Asrama Kampus
      • Gelanggang UMA
      • Sarana Olahraga
      • Masjid Kampus
      • Bus Kampus
      • Lokasi Parkir
      • Foto Kegiatan
      • Taman Hutan Raya (TAHURA)
  • LAYANAN & INFORMASI
    • Aplikasi
      • Susitao
      • Sitori
    • Arsip Digital
      • Arsip Surat
      • Arsip Peminjaman
    • Form Online
    • Helpdesk BATRI
    • Jadwal Kegiatan
    • Jadwal Gedung
    • KOP SURAT
    • Sarana Kampus
    • Survey Alat Transportasi Kendaraan Mahasiswa Tahun 2022
    • Permohonan Pemakaian Ruangan
    • Jadwal Pemakaian Ruangan
  • DOWNLOAD

Mengulik Model Bisnis E-Commerce di Dunia

Posted on 01/02/202301/02/2023 by admin
0

Model Bisnis

Pasti anda mengetahui bahwa model bisnis bisa dibagi menjadi business to business (B2B), B2C, C2C, dan lainnya. Tapi anda perlu mengetahui bahwa model bisnis e-commerce juga dibagi atas monetization power. Bila diperingkatkan bisa dari rendah ke tinggi, atau dari take rate ke merchant solution. Berikut akan dijelaskan untuk menambah pengetahuan anda dan anda mengetahui kenapa e-commerce masih rugi di Indonesia sesuai Nilzon Capital.

1. Take Rate

Perusahaan dalam bisnis ini menghasilkan uang terutama dengan mengejar komisi dari setiap penjualan yang terjadi di platform, biasanya sebagai persentase dari total penjualan.

  • Diferensiasi utama dari bisnis ini adalah bahwa platform ecommerce tidak bertanggung jawab atas penanganan barang dan pengiriman. Platform ecommerce bertindak sebagai kustodian yang melepaskan transfer dana setelah transaksi selesai dan tidak ada perselisihan yang diajukan baik oleh pedagang atau pembeli.
  • Contoh perusahaan dengan model bisnis ini adalah: Bukalapak.com (BUKA), eBay (EBAY), Sea Limited (SE), Pinduoduo (PDD), Alibaba
  • Group (BABA), Mercado Libre (MELI), dll. Perusahaan-perusahaan ini terutama membebankan biaya “Platform Fee” sebagai persentase dari total penjualan.

2. Fulfillment

Perusahaan dalam model bisnis ini menghasilkan uang terutama dengan menyediakan pergudangan, penanganan persediaan, pengiriman, dan komisi dari setiap penjualan yang terjadi di platform.

  • Diferensiasi utama dari model bisnis ini adalah bahwa platform ecommerce menangani pergudangan, pemrosesan pesanan, pengiriman, dan kustodian. Dalam model bisnis ini, pedagang dapat fokus pada kegiatan produksi barang untuk dijual, sedangkan platform ecommerce menangani pemeliharaan dan transfer barang ke konsumen akhir.
  • Contoh perusahaan dengan model bisnis ini: Amazon (AMZN), Overstock (OSTK), Coupang (CPNG), Ceconomy (CEC), Americana SA (AMER3), dll.
  • Pendapatan bersih terutama dihitung dari total nilai penjualan (atau serupa dengan GMV), sedangkan harga pokok penjualan dihitung dari jumlah yang harus dibayarkan kepada pemasok atas barang yang mereka sediakan.
  • Model bisnis ini dapat bekerja dengan sangat baik di negaranegara tanpa PPN atau pajak variabel lainnya, atau dengan pedagang besar yang dapat menangani perpajakan profesional dan kredit PPN.

3. Merchant Solution

Perusahaan dalam bisnis ini menghasilkan uang terutama dengan menyediakan layanan B2B untuk memungkinkan pedagang mendirikan toko white-label yang eksklusif.

  • Diferensiasi utama dari bisnis ini adalah bahwa platform ecommerce tidak terlibat dalam sisi operasional toko online sama sekali dan tidak bertindak sebagai kustodian dana pelanggan. Bisnis di segmen ini hanya bertindak sebagai penyedia layanan B2B yang memungkinkan merchant untuk mendirikan toko online white-label dan katalog produk yang eksklusif.
  • Layanan merchant solution yang paling terkenal adalah Shopify (SHOP). Bisnis ini terutama membebankan biaya berlangganan untuk mengelola pendaftaran domain, menyediakan template desain, memastikan akses uptime ke situs web, dan perantara antara pedagang dan payment gateway.

Dari penjelasan diketahui bahwa model bisnis BUKA adalah take rate dimana pengambilan komisi dari setiap penjualan. Berbeda dengan Amazon yang menerapkan model fulfillment, sumber pendapatan lebih beragam dari pergudangan, komisi penjualan, penanganan persediaan, dan pengiriman.  Tidak ada yang salah dengan model bisnis, hanya saja semakin banyak sumber pendapatan maka semakin bagus laba bersih.

POSTINGAN TERBARU
Rapat Kerja Universitas Semester Genap TA 2022-2023
Universitas Medan Area Selenggarakan RKU (Rapat Kerja Universitas) Semester Genap TA. 2022/2023 meningkatkan peran dosen dalam memperoleh predikat Unggul pada...
UMA Raih Peringkat 72 Perguruan Tinggi Terbaik Se-Indonesia Versi Webometrics Ranking Of World Universities
Alhamdulillah, Universitas Medan Area kembali mendapatkan penghargaan atas keunggulannya sebagai salah satu Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia. Kali ini, UMA...
Evaluasi Progress Dan Tindakan Kerjasama Bersama Tim LLDikti Wilayah 1 Sumut
Jumat (06/01/2022), Tim  LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara berkunjung ke Universitas Medan Area dalam rangka Kegiatan Evaluasi Progress dan Tindakan Kerjasama Perguruan...
MoU UMA Dengan China Vocational Education Holdings Limited
Kamis (12/01/2023), Penandatanganan kerjasama Universitas Medan Area dan China Vocational Education Holdings Limited, Guangdong Province, China di Convention Hall H Agus...
Pengajian UMA Tentang Memaknai Perjalanan Hidup
Pengajian rutin keluarga besar Civitas Akademika Universitas Medan Area yang dilaksanakan di Masjid Taqwa Kampus I oleh Yayasan Pendidikan Haji...
Webmail Universitas Medan Area - Universitas terbaik menerapkan kampus digital dengan mendukung program kampus merdeka menjadi PTS favorit di sumut.
Penjaminan Mutu Universitas Medan Area - Universitas terbaik menerapkan kampus digital dengan mendukung program kampus merdeka menjadi PTS favorit di sumut.
Himpunan Aplikasi Online Universitas Medan area - Universitas terbaik menerapkan kampus digital dengan mendukung program kampus merdeka menjadi PTS favorit di sumut.
Jurnal Imiah Dosen Universitas Medan Area - Universitas terbaik menerapkan kampus digital dengan mendukung program kampus merdeka menjadi PTS favorit di sumut.
Database Jurnal Mahasiswa Universitas Medan Area - Universitas terbaik menerapkan kampus digital dengan mendukung program kampus merdeka menjadi PTS favorit di sumut.
Repository Universitas Medan Area - Universitas terbaik menerapkan kampus digital dengan mendukung program kampus merdeka menjadi PTS favorit di sumut.
OPAC (Open Access Public Catalog) Digital library Universitas Medan Area - Universitas terbaik menerapkan kampus digital dengan mendukung program kampus merdeka menjadi PTS favorit di sumut.

KAMPUS I UNIVERSITAS MEDAN AREA
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
Call Center : 0811-6013-888 (Hotline) (061) 7360168, 7366878, 7364348
Fax : (061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II UNIVERSITAS MEDAN AREA
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
Telepon : (061) 8225602, HP : 0811 607 259
Fax : (061) 8226331
pasca@uma.ac.id

STATISTICS

  • 381
  • 304
  • 2,165
  • 100,689
  • 50,213
Copyright © 2016 - 2023 PDAI - Universitas Medan Area